Makanan penyebab jerawat >> Banyak sekali hal yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat, diantaranya seperti stres atau faktor hormon, dan makanan pun termasuk salahsatu faktor yang dapat menimbulkan jerawat. Jerawat itu sendiri terbentuk ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Umumnya jerawat terjadi pada wajah, leher, punggung, dada serta bahu. Jerawat lebih sering terjadi pada kulit remaja dan dewasa muda. Cara alami mengobati jerawat

Pengertian Tentang Jerawat

Dalam bahasa Inggris jerawat biasa disebut denganAcne Vulgaris namun yang lebih populernya lagi biasa disebut dengan Acne saja. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann (seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia) berpendapat, “Tak ada seorangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat dikulitnya”. jerawat adalah kondisi umum di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga terbentuk kantung-kantung minyak yang terpadu dengan kotoran dan sel-sel kulit mati. Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dalam paduan ini dan berkembang biak. Jika keadaan ini dibiarkan maka pori-pori yang tersumbat akan membengkak dan akan terbentuk timbunan nanah. Apabila permukaan kulit telah matang maka akan pecah dan akan mengeluarkan nanah.

Acne atau jerawat itu sendiri merupakan kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebih. Terjadinya kelebihan kelenjar minyak ini akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambutserta pori-pori kulit. Seringkali juga jerawat menimbulkan peradangan pada kulit. Peradangan pada kulit ini disebabkan oleh berlebihnya kelenjar minyak atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar.

Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Berikut ini adalah makanan-makanan yang umumnya sering menjadi penyebab timbulnya jerawat, diantaranya seperti :

  • Produk susu dan turunannya

Menurut Science Daily, dermatologists (ahli penyakit kulit) sepertinya setuju bahwa sesuatu produk susu dan juga turunannya mungkin terkait dengan terbentuknya jerawat pada remaja. Akantetapi penentuan penyebab pasti pada zat yang terdapat dalam susu sebagai penyebab jerawat sulit untuk didefinisikan. Sebuah study yang dilakukan oleh “Journal of American Academy of Dermatology” menemukan bahwa hormon atau molekul bioaktif dalam susu berkaitan dengan jerawat pada remaja. Susu serta produk turunannya tersebut sebenarnya diperlukan oleh para remaja untuk proses pertumbuhannya, maka dari itu Andapun tidak harus menghilangkan susu dalam menu sehari-hari. Akan tetapi dengan mengontrol jumlah asupan susu bisa membantu mengurangi terjadinya jerawat.

  • Makanan yang mengandung gula tinggi

Makanan yang tinggi gula seperti permen, soda, es krim, coklat, biskuit, sereal, dsb. Karena menurut Archives of Dermatology menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan yang memiliki skala Glycemic Index tinggi, biasanya pada karbohidrat olahan seperti gula dapat menyebabkan munculnya jerawat akibat peningkatan kadar hormon.

  • Makanan olahan

Menurut Green Planet, makanan olahan memberikan kontribusi bagi pembentukan jerawat. Hal ini dikarenakan makanan olahan mengandung warna sintetis dan juga bahan pengawet, mengkonsumsi banyak makanan ini akan mempengaruhi organ hati, yang akan berdampak pada terjadinya kelebihan racun, dan sebagai hasilnya akan timbul jerawat. Salahsatu cara terbaik untuk menghindari makanan olahan adalah dengan memantau asupan produk dari restoran cepat saji dan juga produk makanan ringan.

  • Kafein dan Alkohol

Kafein dianggap memicu munculnya jerawat karena dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat. Selain kafein, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, khususnya testosteron yang dapat menyebabkan jerawat lebih sering muncul.

  • Makanan yang membuat alergi

Masalah kulit sering muncul akibat alergi pada makanan, terutama susu dan telur. Jerawat muncul karena sistem kekebalan  tubuh mencoba melawan racun yang dirasakan. Seorang ahli alergi telah mendiagnosa dan mengkonfirmasikan hubungan alergi makanan dengan jerawat yang parah.

Apabila makanan penyebab jerawat ini merupakan makanan favorit Anda, sebaiknya mulai saat ini Anda mengontrol asupan makanan tersebut. Tapi bukan berarti juga Anda harus benar-benar berhenti mengkonsumsinya, tapi dengan mengatur jumlah makanan penyebab jerawat yang anda konsumsi. Setidaknya mengurangi kecenderungan timbulnya jerawat. Cara alami mengobati jerawat


 

Incoming search terms:

Bookmark and Share