Penyakit hepatitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada hati. Penyebab terjadinya peradangan ini bisa bermacam-macam, mulai dari virus, bahan kimia, obat-obatan, hingga alkohol. Beberapa jenis hepatitis yang ada yaitu, A, B, C, D, E, dan G. Diantara semua jenis virus hepatitis ini, virus hepatitis B dan C merupakan penyebab infeksi hati menahun (kronik) dan dapat berakhir pada sirosis, kanker hati, dan kematian. Tidak seperti hepatitis A dan B, hepatitis C belum ada vaksinnya.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 30Juta penderita hepatitis B dan C di Indonesia, dan setengah dari penderita ini berpotensi berkembang menjadi penyakit hati kronik dan perlu transplantasi hati. Selain itu juga, Indonesia menjadi negara urutan ke 3 dengan penderita hepatitis terbanyak setelah China dan India. Untuk itu hepatitis perlu diwaspadai dan dicegah, salahsatu upaya untuk mencegah penyakit hepatitis ini dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang kita makan bersih, menjaga kebersihan lingkungan, hindari penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu lama, tidak menggunakan jarum suntik, pisau cukur, atau sikat gigi secara bersamaan.

Namun apabila Anda yang saat ini tengah menderita penyakit hepatitis, penting juga untuk menjaga pola makan, dan mengetahui apasaja makanan untuk penderita hepatitis yang fungsinya dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit hepatitis yang Anda derita. Informasi Pengobatan Hepatitis Secara Alami

Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Makanan seperti apakah yang tepat untuk penyakit hepatitis?

makanan untuk penderita hepatitis yang tepat harus berguna untuk mempercepat perbaikan hati yang sedang radang, dan tidak memperberat fungsi kerja hati tersebut. Dan berikut ini beberapa makanan untuk penderita hepatitis.

  • Makanan yang mengandung kalori (karbohidrat) tinggi yang mudah dicerna tubuh (tidak mengandung bumbu cabai ataupun lada, serta bahan pengawet)
  • Makanan yang memiliki lemak rendah sampai sedang.
  • Protein (70-100 gram), contohnya bubur kacang hijau, susu, telur rebus, ikan, daging atau ayam yang dipanggang, di ungkep, atau di tim.
  • Hindari makanan yang mengandung gas seperti ubi, kol, kacang merah, durian, nangka, mentimun.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Mengkonsumsi cukup mineral, dan kandungan garam rendah (semua sayuran yang dibuat tumis atau sup dan buah-buahan yang tidak bergas.

Itulah beberapa makanan untuk penderita hepatitis yang dapat berguna untuk mempercepat pemulihan radang pada hati atau penyakit hepatitis ini. Semoga bermanfaat. Informasi Pengobatan Hepatitis Secara Alami

 

 


Incoming search terms:

Bookmark and Share