Thursday, September 11, 2014

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus>> Setelah sebelumnya saya membahas mengenai penyakit lupus dan pengobatannya, sekarang saya juga akan membahas tentang penyebab penyakit lupus.



Sampai saat ini para peneliti dalam bidang dermatologi masih meneliti lebih lanjut mengenai penyebab penyakit lupus, siapapun dapat menderita penyakit ini dan tidak dibatasi oleh usia dan jenis kelamin, bersifat genetik namun menurut perkiraan para ilmuwan bahwa hormon wanita (hormon estrogen) mungkin ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus karena dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang penderita penyakit lupus adalah wanita,  beberapa faktor yang dapat memicu penyakit lupus diantaranya :




  • Faktor lingkungan. Yaitu: infeksi, cahaya ultraviolet (matahari), stres dll.

  • Faktor genetik.

  • Faktor hormon. Belum diketahui dengan jelas jenis hormon penyebabnya pada perempuan, tetapi risiko timbulnya Lupus pada perempuan dewasa usia subur adalah delapan kali lebih tinggi dibanding laki-laki dewasa.

  • Faktor sinar matahari. Diperkirakan sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet dapat merangsang peningkatan hormon estrogen sehingga mempermudah terjadiya reaksi autoimmun.


Selain faktor-faktor diatas juga ada penybab lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit lupus, yaitu Stres.


penyebab penyakit lupus berikutnya yaitu stres. Stres juga menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit Lupus. Keadaan stress yang di derita pasien serta kelelahan yang teramat sangat akan merangsang dan menjadi penyebab seseorang terserang lupus. Stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang.


Untuk mencegah penyakit lupus ada baiknya agar kita menghindari apa yang menjadi penyebab penyakit lupus seperti diatas.


 

 


Penyakit lupus dan pengobatannya